Sulit BAB? Minum madu yuk


Sarangmadumurni untuk lancat bab

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sulit BAB? Minum madu yuk

SEJAK dulu, madu telah dikenal sebagai bahan alami yang kaya manfaat. Baik untuk kesehatan tubuh ataupun kecantikan kulit, bahkan melancarkan buang air besar (BAB).

Maka tak heran, bila semakin banyak kalangan yang jatuh cinta dengan cairan berwarna kuning keemasan ini. Madu adalah cairan kental berupa sirup yang berasal dari lebah.

Madu dapat dikonsumsi secara langsung atau dicampur dengan bahan makanan lain. Dibalik rasanya yang manis dan enak, madu terbukti memiliki beragam kandungan yang berkhasiat

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palembang dr. Anton Suwindro mengatakan, madu memiliki kandungan antiseptik yang bisa mengurangi kadar keasaman dalam perut sekaligus meningkatkan produksi lendir dalam usus.

Maka, madu dapat menjadi solusi bagi Anda yang sedang mengalami masalah dan kesulitan dalam membuang air besar. Hal ini, juga berkaitan dengan khasiat madu yang dapat membantu membuang racun dari dalam tubuh. Mengingat, madu memiliki enzim yang dapat membantu pergerakan usus secara teratur. Saat pergerakan usus sangat halus, maka secara tidak langsung zat tersebut akan bekerja membersihkan usus besar dari toksin.

“Saat Anda sudah bisa buang air besar secara teratur, racun-racun dari dalam tubuh bisa dikeluarkan,” ujar Anton di Palembang, kemarin. Anton mengungkapkan, madu juga dikenal akan kandungannya membunuh bakteri dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga bisa mengurangi terjadinya batuk, sakit tenggorokan,dan sejumlah penyakit lainnya. Tak hanya itu, madu juga mengandung vitamin B, asam amino, enzim, dan mineral seperti kalsium, magnesium, bioflavonoid, dan antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas berbahaya.

Semua kandungan ini, juga berfungsi untuk mengatasi masalah alergi. “Untuk mencegah alergi, Anda bisa mengonsumsi satu sendok makan madu setiap harinya. Caranya, dengan menambahkan madu ke dalam teh ataupun minuman lainnya,” ungkap Anton. Anton melanjutkan, madu juga dapat memberi Anda energi tanpa harus membuat Anda gemuk. Untuk itu, akan lebih baik bila Anda mengganti kopi dengan segelas air hangat yang dicampur madu setiap pagi. Sebab, madu dan air hangat merupakan penguat untuk sistem metabolisme Anda.

Makanan Anda akan dicerna dan diserap dengan cepat jika Anda mengonsumsi minuman sehat ini. “Gula dalam madu adalah gula alami merupakan sumber kalori yang menyehatkan. Sementara, kombinasi madu dan air hangat bis amembantu membakar lemak,” jelasdia. Anton melanjutkan, untuk kesehatan kulit, madu merupakan humectants.

Yakni, bahan yang menyerap air dari udara dan mempertahankannya di lapisan kulit. Maka, bisa menarik air ke kulit untuk melembabkan dan menghindarkan kulit dari iritasi. Selain itu, sifat antibakteri pada madu juga bisa membantu mengatasi kulit sensitif. Selain menghidrasi kulit, madu juga berguna untuk mengatasi masalah jerawat. Manfaat lain, kata dia, adalah melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet.

Begitupula dengan kandungan antioksidan pada madu yang dapat mencegah terjadinya tanda-tanda penuaan dini. “Kandungan antiseptik alami di dalam madu dapat membunuh bakteri jahat penyebab jerawat. Noda hitam bekas jerawat yang mengganggu juga dapat hilang dengan menggunakan madu,” terang dia.

Untuk mendapatkan manfaat madu yang paling maksimal, jelas Anton, maka yang paling baik adalah menggunakan madu mentah atau yang belum diolah. Sebab, madu mentah masih memiliki enzim aktif yang berguna untuk kecantikan. “Proses pemanasan saat pembuatan madu konsumsi akan menghancurkan enzim ini,” ucap dia.

Sumber:
Sindonews – jurnalis Febria Astuti

Bermanfaat? Share kebaikan yuk..

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS