Blog

  • Sedang Program Hamil? Konsumsi Madu Murni yuk!

    January 22, 2020
    /
    ARTIKEL sarangmadumurni

    Selama ini kebanyakan orang mengkonsumsi madu sebagai suplemen kesehatan yang diyakini dapat menjaga daya tahan tubuh. Namun perlu diketahui juga bahwa ada banyak pasangan yang berhasil hamil dengan madu, tentunya atas izin Allah. Benar, madu memang sangat berguna untuk mempercepat terjadinya kehamilan. Oleh karena itu, pasangan suami istri yang sangat menginginkan kehadiran buah hati, sangat disarankan untuk mengkonsumsi madu, bisa juga dikonsumsi dengan beberapa jenis ekstrak tumbuhan lain seperti esktrak kemangi, ekstrak adas, bubuk kayu manis dan juga sari kurma. Zat-zat yang terdapat dalam jenis-jenis tumbuhan tersebut dapat meningkatkan peluang terjadinya kehamilan.

    Menurut beberapa ahli nutrisi, madu memang dapat meningkatkan kemampuan seksual dan kesuburan. Di sini, madu akan merangsang ovarium untuk berovulasi (melepaskan sel telur) dan mempersiapkan rahim untuk segera hamil.

    Clive Brockdorff dan istrinya Susan Fletcher yang merupakan pasangan konsultan nutrisi dan ahli Apitherapy (terapi dengan menggunakan madu dan lebah madu) di Amerika Serikat menjamin bahwa dalam 2 hingga 3 bulan, seorang wanita yang diterapi dengan madu akan bisa segera hamil.

    Susan memaparkan mengenai manfaat madu bagi kesuburan, yaitu sebagai berikut.

    Mengembalikan dan memudakan kelenjar seksual. Baik kelenjar seksual wanita maupun pria. Hal ini karena zat yang terkandung di dalam madu akan merangsang dan memelihara sistem reproduksi ke arah yang lebih baik.

    ♦ Meningkatkan stamina dan daya tahan seksual
    ♦ Meningkatkan kemampuan seksual yang disebabkan kelainan prostat.
    ♦ Meningkatkan fungsi ovarium dan kualitas sel telur.
    ♦ Mengurangi gejala yang berhubungan dengan PMS (Pre-Menstrual Syndrome).

    Dalam suatu penelitian modern lain disebutkan juga bahwa penggunaan madu ternyata memang mampu meningkatkan kualitas sistem reproduksi ke arah yang lebih baik (bagi pria dan wanita). Ini artinya, kemampuan untuk bisa segera hamil memang bisa ditingkatkan dengan konsumsi madu.

    Bagi wanita, madu dapat mencegah gangguan haid serta membuat tubuh tetap segar dan rileks. Sementara untuk pria madu untuk kesuburan ini berkhasiat meningkatkan jumlah dan kualitas sperma serta mencegah kemandulan. Nutrisi yang terdapat secara alami di dalam madu juga membantu merangsan ovarium untuk melepaskan sel telur matang dan mempersiapkan rahim untuk kehamilan.

    Cara cepat hamil dengan bahan alami madu saat ini sudah mulai dijadikan pilihan terapi. Beberapa pasangan yang sudah mencoba khasiat madu sebagi pembantu kesuburan mendapatkan kehamilan setalah 2-3 bulan melakukan terapi dengan minum madu. Zat yang terkandung di dalam madu dapat meregenerasi kelenjar seksual dan memelihara sistim reproduksi pada suami dan istri agar menjadi lebih baik. Selain itu, madu dapat meningkatkan stamina dan kesegaran tubuh sehingga pasangan suami istri dapat melakukan hubungan intim dengan rileks.

    Beberapa pria mungkin mengalami penurunan kemampuan seksual karena berbagai faktor, salah satunya adalah kelainan pada kelenjar prostat. Nah, madu dapat mengatasi masalah ini. Demikian juga dengan masalah-masalah reproduksi yang dialami wanita seperti gejala PMS yang menyakitkan. Madu dapat mengurangi rasa nyeri hebat yang pada beberapa wanita dapat terasa begitu menyakitkan.

    Oleh karena itu, jika Anda dan pasangan Anda sedang berupaya mencari cara alternatif yang alami agar bisa segera hamil, mungkin Anda berdua bisa mencoba terapi madu ini. Minum madu dua kali sehari dengan takaran satu sendok teh. Jika suka, bisa langsung diminum begitu saja. Jika kurang suka dengan rasanya, Anda bisa mencampurnya dengan segelas air hangat lalu diminum. Selain itu terapi madu ini sebaiknya dikombinasikan dengan konsumsi buah, sayur dan juga makanan-makanan bernutrisi tinggi lainnya yang dapat meningkatkan kesuburan dan membuat peluang Anda untuk hamil menjadi lebih besar. Tentunya pastikan yang dikonsumsi adalah madu murni ya..

    “Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan”. (QS An- Nahl: 69).

     

    Berikut salah satu resep dari sarangmadumurni untuk terapi kesuburan,





    Jika tidak kuat aroma bubuk kayu manis yang ditempel ke gusi, bubuk kayu manis bisa ditaburkan di madu yang sudah di sendok hendak diminum.. lakukan minum madu ini rutin setiap hari


  • Mengatasi Radang Tenggorokan, Pilih Madu Alami (Murni) atau Madu Kemasan?

    January 22, 2020
    /
    ARTIKEL sarangmadumurni

    Faringitis atau yang biasa disebut radang tenggorokan oleh kita, mungkin adalah penyakit yang tidak terlalu berbahaya tapi efeknya sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman bagi yang sedang mengalaminya. Biasanya bila sedang mengalami radang tenggorokan, menjadi tidak nafsu makan, jangankan untuk menelan makanan dan minuman, berbicara saja sakit kan?
    Tentu hal ini sangat mengganggu, apalagi bila aktifitas kita menuntut untuk banyak mengeluarkan suara, bisa dibayangkan perih nya.

    Nah, Madu merupakan substansi alam yang dihasilkan oleh lebah yang diketahui memiliki manfaat, salah satunya untuk mengobati faringitis yang disebabkan Streptococcus beta hemoliticus Group A. Bakteri yang menjadi salah satu penyebab tersering dari faringitis. Streptococcus beta hemoliticus Group A menginfeksi 5-15% pasien dewasa dan 20-30% pasien anak.

    Berdasarkan asal pembuatan, madu terbagi atas madu alami (murni) dan madu kemasan. Secara fisik madu kemasan memiliki kemiripan dengan madu alami tetapi terdapat perbedaan pada kandungan nutrisi. Madu alami memiliki kandungan gula yang tinggi berupa fruktosa 38,19%, glukosa 31%, dan sukrosa 1,31%. Kandungan gula yang terdapat pada madu alami mengakibatkan viskositas madu alami menjadi kental dibandingkan madu kemasan, hal ini disebabkan madu kemasan tidak mengandung enzim, vitamin dan mineral sebanyak seperti yang terdapat pada madu alami (murni), karena madu kemasan umumnya sudah melewati proses pasteurisasi, untuk keperluan distribusi di supermarket.
    Nah, kalau lagi sakit radang tenggorokan, pilih mana ya.. madu murni atau madu kemasan?

    Ternyata berdasar penelitian eksperimental yang dilakukan oleh Wineri, dkk (2013) di laboratorium Mikrobiologi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, menunjukan madu alami (murni) dan madu kemasan dapat menghambat pertumbuhan Streptococcus beta hemoliticus Group A dengan diameter daya hambat terbesar pada madu alami adalah 14 mm dan madu kemasan 11 mm. Kesimpulan hasil penelitian tersebut Madu alami (murni) memiliki daya hambat bakteri penyebab faringitis yang lebih kuat dibandingkan madu kemasan.

    So, Madu manapun dapat membantu menyembuhkan radang tenggorokan, hanya saja madu alami (murni) lebih cepat membantu penyembuhan dibanding madu kemasan, karena daya hambat madu murni terhadap bakteri lebih kuat dibanding madu kemasan. Dear, sebaiknya sedia madu murni di rumah ya, agar jika tetiba ada salah satu anggota keluarga yang terkena radang tenggorokan, bisa langsung cusss minum madu murni.

    Radang Tenggorokan dapat reda dengan sering minum air hangat, juga dapat dibantu madu untuk penyembuhannya. Madu dapat diminum langsung, atau juga dapat dicampur dengan bahan lain. Berikut resep untuk radang tenggorokan, in sya Allah radang mereda.




  • Bolehkah Madu untuk Diabetes Melitus Tipe 2 ?

    January 22, 2020
    /
    ARTIKEL sarangmadumurni

    Sekitar 85% orang yang mengidap diabetes memiliki diabetes Tipe II atau diabetes yang tidak bergantung pada insulin. Tubuh mereka memproduksi sejumlah insulin, tetapi itu tidak mencukupi. Umumnya mulai muncul di usia 40 tahun ke atas. Sudah terdogma (mitos) di masyarakat kita, gula dan segala yang manis – manis musuh bagi penderita diabetes. Nah, bagaimana ya dengan madu? Apakah “musuh” bagi pengidap diabetes? Bolehkah minum Madu? Berikut ulasannya ya..

    Ternyata konsumsi madu dengan dosis tertentu aman bagi penderita diabetes lho.. Penelitian yang dilakukan oleh Widyawati, Jafar, Citra (2013), Fakultas Kesehatan Universitas Hasanudin, Makassar, membuktikan Konsumsi madu sebanyak 70gr/hari selama 30 hari aman bagi pasien diabetes mellitus tipe 2 yang sedang terapi obat hipoglikemik oral (metformin atau glibenklamid). Hasil penelitian dari keseluruhan responden, madu asli tidak meningkatkan gula darah puasa.

    Madu berfungsi untuk membantu kinerja obat. Efek hipoglikemik (pengontrol kadar glukosa) dari madu bisa diberikan di berikan oleh fruktosa. Fruktosa tidak meningkatkan glukosa plasma dan metabolismenya tidak membutuhkan insulin. Konsumsi fruktosa dalam jumlah sedikit mempunyai efek positif yaitu menurunkan glukosa darah melalui peningkatan uptake glukosa oleh hepar, stimulasi enzim heksokinase serta peningkatan konsentrasi insulin.

    Tidak hanya itu, ternyata madu dengan takaran tertentu membantu menjaga kestabilan tekanan darah pengidap diabetes melitus tipe 2. Hal ini dibuktikan dalam penelitian Rahma dan Bahar (2013), Pasca sarjana Fakultas Kesehatan Universitas Hasanudin, Makassar. Hasil penelitian menunjukkan terjadi perbedaan tekanan darah antara penderita diabetes yang tidak mengkonsumsi madu dengan yang mengkonsumsi madu (70gram/hari selama 30 hari).  Tekanan darah yang mengkonsumsi madu cenderung ke arah normal dan stabil.

    Salah satu zat dalam madu yakni flavonoid, bermanfaat pada diabetes mellitus karena kemampuannya untuk menghindari absorpsi glukosa atau memperbaiki toleransi glukosa. Lebih lanjut flavonoid menstimulasi pengambilan glukosa pada jaringan perifer, mengatur aktivitas dan ekspresi enzim yang terlibat dalam jalur metabolism karbohidrat dan bertindak menyerupai insulin, dengan mempengaruhi mekanisme insulin signaling. Efek anti oksidan madu menjadikannya sangat bermanfaat dalam manajemen diabetes mellitus.

    Jadi, mitos kalau diabetes gak boleh minum madu itu keliru yaaaa.. Boleh kok diabetes melitus tipe2 konsumsi madu, tapi maksimal amannya 70 gram per hari ya atau setara 2 sendok makan per hari. eitsss tapiii jangan sampai yang lain – lain ga dijaga, tetep meski minum madu, asupan gizi dan aktifitas fisiknya juga harus dikontrol In sya Allah sehat dan bugar kembali ya ..

    oiya yang paling penting dan utama aalah Madu yang diminum harus madu murni ya.. jangan sampai madu palsu atau minuman yang campuran madunya cuma sedikit…


    Salam sehat!
    Semangat !!


  • Madu sebagai “Teman” Pertumbuhan Anak

    January 21, 2020
    /
    ARTIKEL sarangmadumurni

    Sweet, pasti sebagai orang tua sangat khawatir kalau sang buah hati sakit. Tentunya kita ingin melihat anaknya tumbuh kembang dengan baik dan sehat. Terkait pertumbuhan anak, masalah yang sering dikeluhkan oleh sebagian besar orang tua adalah:

    1. Kurangnya nafsu makan anak sehingga orang tua kewalahan membujuknya makan
    2. Mudah lelah / Lesu / kurang konsentrasi dalam belajar
    3. Mudah sakit terutama di musim pancaroba

    Permasalahan tersebut ternyata dapat dicegah dan diobati dengan cara sang buah hati rutin mengkonsumsi madu. Berikut penjelasan madu sebagai solusi dari masing-masing permasalahan:

    1. Madu sebagai stimulan meningkatkan nafsu makan

    Berdasarkan hasil penelitian Y.Wadodo, peneliti pada pusat penelitian dan pengembangan gizi di bogor ini, pemberian madu secara teratur setiap hari dapat menurunkan tingkat morbiditas (panas dan pilek) dan memperbaiki nafsu makan anak balita. Menurut Winarno (1982),  Madu dengan kadar gula dan levulosa yang tinggi sangat mudah diserap oleh usus bersama dengan zat-zat organic lain, dengan demikian dapat bertindak sebagai stimulan bagi pencernaan dan memperbaiki nafsu makan.

    2. Madu sebagai energi bagi tubuh anak dan meningkatkan konsentrasi

    Pemberian madu pada anak-anak dapat meningkatkan kadar hemoglobin. Sebagai perbandingan, anak yang tidak diberi madu kandungan hemoglobinnya hanya naik sampai 4 persen selama 40 hari. Sedangkan yang mengkonsumsi madu disamping makan normal, kandungan hemoglobinnya naik 23 persen pada waktu yang sama. Madu sangat baik sekali bagi anak, madu juga dapat dicampur dengan susu. Hal ini karena madu mengandung cukup banyak besi sedang susu sapi mengandung sedikit saja. Peranan madu bagi pertumbuhan anak kecil sangat penting karena di dalam madu terdapat asam folat, yaitu suatu asam yang banyak pengaruhnya terhadap mahluk yang sedang tumbuh, karena dapat memperbaiki susunan darah , jumlah erytrosit meningkat, demikian juga kandungan hemoglobin.

    Hemoglobin mempunyai manfaat yang penting bagi tubuh. Sesuai dengan fungsinya mengikat oksigen, hemoglobin harus ada di dalam darah. Wikipedia (2013) mendefinisikan hemoglobin sebagai berikut. Hemoglobin adalah metaloprotein (protein yang mengandung zat besi) di dalam sel darah merah yang berfungsi sebagai pengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh, pada mamalia dan hewanlainnya. Hemoglobin juga pengusung karbon dioksida kembali menuju paru-paru untuk dihembuskan keluar tubuh.

    Karena itulah, bila tubuh anak kekurangan hemoglobin maka tubuh anak menjadi mudah lelah karena pengikatan oksigen juga berpengaruh pada suplai energi pada tubuh. Selain mudah lelah, anak kurang konsentrasi dalam jangka waktu lama karena kurangnya hemoglobin menyebabkan pengangkutan oksien berkurang ke seluruh tubuh termasuk ke otak.

    3. Madu sebagai penguat daya tahan tubuh

    Penelitian Peter. C. Molan (1992) penelitian dari Departemen of Biologikal Seinces, University of Waikoto, di Hamilton Selandia Baru membuktikan, madu mengandung zat antibiotik yang aktif melawan serangan berbagai patogen penyebab penyakit. Tak hanya itu, hasil penelitian Erywiyatno, dkk (2012) juga menunjukkan madu dapat menghambat pertumbuhan bakteri Streptococcus pyogenes (bakteri penyebab infeksi saluran nafas). Dengan hasil positif, dalam jurnalnya beliau menganjurkan masyarakat Indonesia untuk lebih banyak menggunakan madu sebagai penguat daya tahan tubuh dan bukan hanya sebagai alternatif dalam menanggulangi penyakit.

     ---

    Kini ayah bunda sudah mengetahui solusi dari permasalahan ya… Nah, untuk takaran atau dosis minum madu bagi anak  yang rutin dikonsumsi setiap harinya sebagai penjagaan adalah 30 gr setiap hari, atau setara 1-2 sendok makan 1x sehari ya.. Jika anak dalam kondisi sakit, bisa diminum 1-2 sendok makan, 2x sehari. Nanti bila sudah sehat kembali, maka minumnya dengan dosis normal lagi. 

    oiya yang paling penting dan utama aalah Madu yang diminum harus madu murni ya.. jangan sampai madu palsu atau minuman yang campuran madunya cuma sedikit…Pastikan madu yang diminum madu murni. Salam sehat! Semangat !!

    (riz/sarangmadumurni.com)


  • Apa itu Bee Pollen?

    Apa itu Bee Pollen?

    Yuk Sweet kenalan dulu sama Bee Pollen. Pada gambar Sarang Madu di atas (yang bagian berwarna coklat) adalah Bee Pollen, Bee Pollen biasa disebut superfood. Bee Pollen merupakan serbuk sari yang terbawa oleh lebah ketika mengambil nekhtar bunga. Serbuk sari tersebut kemudian terkumpul dengan madu didalam sarang, sehingga terbentuklah butiran-butiran yang disebut Bee Pollen.

    Komposisi Bee Pollen mengandung 18 asam amino, 8 diantaranya esensial, 12 vitamin, 28 mineral, enzim, koenzim, 14 asam lemak penting, 11 karbohidrat dan 30% protein. 

    Beberapa manfaat yang dikenal oleh masyarakat secara tradisional, antara lain, mengatasi sulit buang air besar, gangguan prostat, membantu penyembuhan luka, meringankan nyeri sebelum menstruasi, serta memberi pasokan antioksidan untuk tubuh. Selain itu, Bee Pollen juga direkomendasikan untuk menjaga stamina, mengatasi gangguan pada perut, asma, alergi serta mengurangi efek samping kemoterapi dan meningkatkan performa saat olahraga.

    Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa sampai saat ini belum ada cukup hasil penelitian yang membuktikan kalau Bee Pollen benar-benar berguna untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit, maupun sebagai penunjang kesehatan.

    Untuk itu, penting mengonsumsi Bee Pollen secara berhati-hati, meski kini produk tersebut dijual secara bebas sebagai suplemen makanan. Sebaiknya konsultasi ke dokter terlebih dahulu untuk mendapat petunjuk pemakaian yang aman.

    #foryourinfo #honey #rawhoney #foody #healthy#sarangmadumurni #jualsarangmadumurni #jualmadudalamsarang#jualmaduasli #beepollen #royaljelly #vitaminA #propolis#freshfromnature — at Serang,cikarang selatan.


  • Bumil boleh minum madu gak sih?

    January 20, 2020
    /
    ARTIKEL sarangmadumurni


    Sweet, banyak sekali pertanyaan ini dilontarkan ketika akan membeli madu @sarangmadumurni. Baiklah akan mindu kasih tahu apa aja sih 
    manfaat Madu untuk Bumil, diantaranya:

    - Menambah tenaga & memberikan daya tahan selama kehamilan.

    - Membantu mengurangi rasa mual
    - Menguatkan janin
    - Meningkatan nafsu makan bagi bumil
    - Memiliki nutrisi yang luar biasa bagi kebutuhan ibu hamil
    - Membantu janin dalam kandungan tumbuh normal dan sehat
    - Memudahkan proses BAB bagi bumil
    - Vitamin C yang terdapat pada madu, efektif membantu meningkatkan kecerahan dan daya tahan tubuh ibu hamil
    - Mencegah terjadinya penyakit hepatitis B pada janin kelak.

    Semoga bisa menjawab semua kegalauan para bumil, ibu dan janin sehat2 selalu..
    Aamiin 


  • Madu merupakan satu-satunya pemanis yang dapat disimpan!

    January 20, 2020
    /
    ARTIKEL sarangmadumurni

    Sweet, sarapan yang manis penambah energii, eitsss ini pemanisnya Pemanis Alami lhooo. Madu merupakan satu-satunya pemanis yang dapat disimpan dan digunakan sebagai produk alami dengan dua macam kandungan gula yang utama yaitu fruktosa dan glukosa. Jumlah keduanya mencapai 85-95% dari total karbohidrat yang terdapat pada madu. Satu bagian volume madu mempunyai tingkat kemanisan kira-kira 1,67 bagian gula pasir.