Blog

Madu sebagai “Teman” Pertumbuhan Anak

January 21, 2020
/
ARTIKEL sarangmadumurni

Sweet, pasti sebagai orang tua sangat khawatir kalau sang buah hati sakit. Tentunya kita ingin melihat anaknya tumbuh kembang dengan baik dan sehat. Terkait pertumbuhan anak, masalah yang sering dikeluhkan oleh sebagian besar orang tua adalah:

  1. Kurangnya nafsu makan anak sehingga orang tua kewalahan membujuknya makan
  2. Mudah lelah / Lesu / kurang konsentrasi dalam belajar
  3. Mudah sakit terutama di musim pancaroba

Permasalahan tersebut ternyata dapat dicegah dan diobati dengan cara sang buah hati rutin mengkonsumsi madu. Berikut penjelasan madu sebagai solusi dari masing-masing permasalahan:

1. Madu sebagai stimulan meningkatkan nafsu makan

Berdasarkan hasil penelitian Y.Wadodo, peneliti pada pusat penelitian dan pengembangan gizi di bogor ini, pemberian madu secara teratur setiap hari dapat menurunkan tingkat morbiditas (panas dan pilek) dan memperbaiki nafsu makan anak balita. Menurut Winarno (1982),  Madu dengan kadar gula dan levulosa yang tinggi sangat mudah diserap oleh usus bersama dengan zat-zat organic lain, dengan demikian dapat bertindak sebagai stimulan bagi pencernaan dan memperbaiki nafsu makan.

2. Madu sebagai energi bagi tubuh anak dan meningkatkan konsentrasi

Pemberian madu pada anak-anak dapat meningkatkan kadar hemoglobin. Sebagai perbandingan, anak yang tidak diberi madu kandungan hemoglobinnya hanya naik sampai 4 persen selama 40 hari. Sedangkan yang mengkonsumsi madu disamping makan normal, kandungan hemoglobinnya naik 23 persen pada waktu yang sama. Madu sangat baik sekali bagi anak, madu juga dapat dicampur dengan susu. Hal ini karena madu mengandung cukup banyak besi sedang susu sapi mengandung sedikit saja. Peranan madu bagi pertumbuhan anak kecil sangat penting karena di dalam madu terdapat asam folat, yaitu suatu asam yang banyak pengaruhnya terhadap mahluk yang sedang tumbuh, karena dapat memperbaiki susunan darah , jumlah erytrosit meningkat, demikian juga kandungan hemoglobin.

Hemoglobin mempunyai manfaat yang penting bagi tubuh. Sesuai dengan fungsinya mengikat oksigen, hemoglobin harus ada di dalam darah. Wikipedia (2013) mendefinisikan hemoglobin sebagai berikut. Hemoglobin adalah metaloprotein (protein yang mengandung zat besi) di dalam sel darah merah yang berfungsi sebagai pengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh, pada mamalia dan hewanlainnya. Hemoglobin juga pengusung karbon dioksida kembali menuju paru-paru untuk dihembuskan keluar tubuh.

Karena itulah, bila tubuh anak kekurangan hemoglobin maka tubuh anak menjadi mudah lelah karena pengikatan oksigen juga berpengaruh pada suplai energi pada tubuh. Selain mudah lelah, anak kurang konsentrasi dalam jangka waktu lama karena kurangnya hemoglobin menyebabkan pengangkutan oksien berkurang ke seluruh tubuh termasuk ke otak.

3. Madu sebagai penguat daya tahan tubuh

Penelitian Peter. C. Molan (1992) penelitian dari Departemen of Biologikal Seinces, University of Waikoto, di Hamilton Selandia Baru membuktikan, madu mengandung zat antibiotik yang aktif melawan serangan berbagai patogen penyebab penyakit. Tak hanya itu, hasil penelitian Erywiyatno, dkk (2012) juga menunjukkan madu dapat menghambat pertumbuhan bakteri Streptococcus pyogenes (bakteri penyebab infeksi saluran nafas). Dengan hasil positif, dalam jurnalnya beliau menganjurkan masyarakat Indonesia untuk lebih banyak menggunakan madu sebagai penguat daya tahan tubuh dan bukan hanya sebagai alternatif dalam menanggulangi penyakit.

 ---

Kini ayah bunda sudah mengetahui solusi dari permasalahan ya… Nah, untuk takaran atau dosis minum madu bagi anak  yang rutin dikonsumsi setiap harinya sebagai penjagaan adalah 30 gr setiap hari, atau setara 1-2 sendok makan 1x sehari ya.. Jika anak dalam kondisi sakit, bisa diminum 1-2 sendok makan, 2x sehari. Nanti bila sudah sehat kembali, maka minumnya dengan dosis normal lagi. 

oiya yang paling penting dan utama aalah Madu yang diminum harus madu murni ya.. jangan sampai madu palsu atau minuman yang campuran madunya cuma sedikit…Pastikan madu yang diminum madu murni. Salam sehat! Semangat !!

(riz/sarangmadumurni.com)