Blog

[MITOS] Madu asli kok disemutin!

January 20, 2020
/
ARTIKEL sarangmadumurni



Sweet, mindu sering banget dapat pertanyaan tentang "Minduuu, kok madunya disemutin, katanya madu Asli tuh gak disemutin?!"
Hiksss, itu MITOS ya Sweet, jangan hanya katanya katanya saja. Berikut merupakan penjelasan seorang profesor Mengenai Madu & Semut
Pendapat Para Ahli tentang Madu Asli dan Semut :

- Menurut B. Sarwono, pengarang buku “Kiat Mengatasi Permasalahan Praktis Lebah Madu” terbitan PT. Agromedia Pustaka, Jakarta. Di halaman 80 mengatakan bahwa : ” kehadiran semut di sarang lebah madu dapat merugikan produksi, karena serangga itu memakan madu, tempayak, lilin dan sisa-sisa pakan lebah”. Di tulis dalam buku “Lebah Madu : Cara Beternak dan Pemanfaatannya” hal 57 keluaran Pusat Perlebahan Apiari Pramuka atau yang sekarang menjadi Madu Pramuka, Penerbit Penebar Swadaya, Cimanggis, Depok, dikatakan : “semut secara alami terdapat dimana-mana, jika kehadirannya sedikit semut tidak banyak mengganggu. Sebaliknya bila jumlahnya banyak, semut akan menjadi hama bagi lebah. Pada serangan yang berat, lebah akan hijrah”.

- Menurut Prof. Dr. H. Andi Mappatoba Sila, PHD dalam (Buku Pengobatan Produk Lebah Madu dan Apitherapy) menjelaskan “Gula dan Karbohidrat Alami yang Paling di Sukai Semut Adalah Madu”.

Jadi bisa diambil kesimpulan : “SEMUT SUKA DENGAN MADU” dan tak hanya mengerumuni Madu yang ada di meja makan kita, bahkan sejak di sarang lebah pun, semut berupaya mengambilnya. Dari keterangan para ahli dan buku tersebut nyatalah bagi kita bahwa semut menyukai madu dan “Terbantalah” pernyataan yang menyatakan bahwa semut tidak suka madu. Memang sering kita dapati semut tidak mau masuk ke dalam botol madu yang terbuka, itu bukan berarti semut tidak suka madu, akan tetapi lebih dikarenakan terjadinya “fermentasi” pada madu yang menimbulkan penguapan gas yang keluar dari dalam botol yang membuat mereka tertahan, namun lihat bila madu meluber dan jatuh di lantai semut akan mengerumuninya.

Nah, semoga artikel yang mindu tulis ini bisa menjadi satu ilmu baru yang bermanfaat ya Sweet..