Blog

  • Yuk Kita Kenali Manfaat madu Murni

    Manfaat Madu sangat banyak untuk kesehatan. Sudah ribuan penelitian di seluruh dunia dilakukan mengkaji mengenai manfaat madu, bahkan sampai saat ini semakin banyak penelitian penelitian yang menemukan manfaat madu untuk melawan bakteri –bakteri  patogen penyebab penyakit bahkan menemukan hal – hal yang tidak terduga. Madu mengandung zat – zat  yang digunakan sebagai obat yang menyembuhkan manusia.

    Petunjuk ilmiah ini sebenarnya telah15 abad yang lalu  Allah  azza wa jalla firmankan dalam Al – Qur’an, surat An-Nahl ayat 68-69.  “Dan Rabbmu mewahyukan kepada lebah; “ buatlah sarang – sarang di bukit – bukit dan di tempat – tempat yang dibuat manusia, kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah – buahan dan tempuhlah jalan Rabb Mu yang telah dimudahkan (bagimu).” Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermcam – macam warnanya, didalamnya terdapat obat yang menyembuhkan manusia. Sesungguhnya pada yang demikian terdapat tanda – tanda bagi orang yang memikirkan”.

    Madu mengandung dekstrosa dan levulosa dalam jumlah yang tinggi. Menurut Winarno (1982), kadar dekstrosa dan levulosa yang tinggi mudah diserap oleh usus bersama zat – zat organik lain, sehingga dapat bertindak sebagai stimulant bagi pencernaan dan memperbaiki nafsu makan. Selain itu madu juga memiliki sifat anti mikroba. Berdasarkan hasil penelitian Komara (2002), madu memiliki aktifitas senyawa antibakteri terutama pada bakteri Gram (+), yakni bakteri S,Aureus, B.cereus.

    Sejak dahulu madu sudah banyak digunakan oleh para ahli kedokteran untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Penyakit yang berhasil disembuhkan antara lain:
    - Luka (pasca pembedahan, dibuktikan oleh ahli bedah Rusia, Y.Krintsky),

    - Penyakit saluran pernapasan bagian atas, flu, penyakit paru (TBC pulmonary),

    - penyakit jantung (Avicena), menurut Winarno (1982), berabad – abad lamanya madu telah digunakan untuk pengobatan penyakit jantung, Otot bekerja tanpa istirahat, karena itu memerlukan dekstrosa sebagai sumber energi untuk menggantikan energi yang hilang.

    - penyakit perut dan usus

    - penyakit hati,

    - penyakit saraf

    - dan penyakit kulit

    Madu memiliki komponen kimia yang memiliki efek koligemik yakni asetilkolin. Asetilkolin berfungsi untuk melancarkan peredaran darah dan mengurangi tekanan darah. Gula yang terdapat dalam madu akan terserap langsung oleh darah sehingga menghasilkan energi secara cepat bila dibandingkan gula biasa. Jenis Madu biasanya diklasifikasikan berdasarkan sumber nektarnya,

    sarangmadumurni.info menyediakan Madu Kaliandra dan Madu Multiflora dari lebah Apis Cerana dan Apis Mellifera.

    Secara Khusus, Manfaat Madu Multiflora adalah:

    -Meningkatkan daya tahan tubuh

    -Menormalkan tekanan darah

    -Membuat anak lebih mudah tidur

    -Mempercepat penyembuhan Reumatik

    -Memperlancar fungsi Otak

    -Menyembuhkan Luka bakar

     

    Secara Khusus, manfaat Madu Kaliandra adalah :

    -Bermanfaat untuk meningkatkan produksi Hormon

    -Memperlancar sistem pencernaan

    -Mempercepat penyembuhan tekanan darah tinggi

    -Membuat tidur nyenyak

    -Menyembuhkan Luka Bakar

    -Meningkatkan daya tahan Tubuh dan Membantu pengobatan Kanker.

     

    Adapun secara umum, manfaat madu murni adalah:

    - Madu Murni mengandung bahan yang bisa membunuh bakteri, kekuatan antimikroba dari madu itu lebih kuat dari antibiotik yang dikenal saat ini.

    - Madu juga bisa menyembuhkan diare kronis yang tidak mampu diatasi oleh obat-obatan saat ini.

    - Mengkonsumsi madu murni secara rutin dalam rentang waktu tertentu juga akan menimbulkan efek kekebalan tubuh dan kebugaran.

    - Membersihkan kotoran yang ada di usus pencernaan

    - penderita batuk berdahak,

    - para lansia (menguatkan daya tahan tubuh),

    - orang yang selera makannya rendah.

    - Kandungan madu murni sangat beraneka ragam tergantung dari sumber nektar dimana lebah memperolehnya. Namun, darimanapun nektarnya, madu murni merupakan sumber gizi yang lengkap. Madu Murni mengandung Vitamin, Mineral, Protein, Zat hidrat arang, Hormon, Antibiotik dan trace Elemen.

    - Membantu mengobati infeksi bakteri dan jamur

    - Meningkatkan daya tahab tubuh

    - Membantu proses detoksifikasi

    - Merangsang pertumbuhan jaringan

    - Membantu penyakit kulit yang bersifat basah

    - Meningkatkan stamina pria dan wanita

    - Membantu proses pertumbuhan pada anak

    - Madu murni memiliki sifat dominan lembab dan dingin namun karena madu bersifat adaptogen,

    maka pada penyakit dingin, madu akan bersifat panas, pada sindroma panas madu akan bersifat dingin.

    - Madu murni juga memiliki sifat higroskopis jadi cocok digunakan sebagai salep pada pasien eksim basah juga yang lainnya.

     

    Nah., ternyata banyak ya manfaat madu, sayang banget kalau kita tidak rutin mengkonsumsi madu untuk menjaga kesehatan. Yuk konsumsi madu murni, salam sehat ^^

     

     

    sumber: e-jurnal.com dan berbagai sumber


  • Sweet Jerawatan? Ini Solusinya!

    February 21, 2020
    /
    ARTIKEL sarangmadumurni

    Kulit wajah yang cantik, bersih, mulus dan sehat serta bebas dari penyakit merupakan harapan dari semua orang. Namun, kenyataannya banyak orang memiliki masalah terhadap kulit. Masalah yang banyak terjadi adalah jerawat.

    Jerawat dalam bahasa Inggris adalah acne. Jerawat adalah kondisi abnormal kulit akibat gangguan produksi kelenjar minyak (sebaseus gland) sehingga menyebabkan produksi minyak berlebihan. Keadaan inilah yang memicu terjadinya penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit (Mumpuni, 2010). Daerah yang mudah terkena jerawat adalah muka, ini bagian yang paling rawan di tumbuhi jerawat. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan jerawat dapat terjadi juga di bagian-bagian tubuh lain seperti pada bagian dada, punggung dan tubuh bagian atas lengan. Terutama pada penderita jerawat akibat faktor genetis.

    Bakteri penyebab jerawat disebut dengan Propionibacterium acnes atau P. acnes yaitu anggota flora kulit dan selaput lendir manusia. P. acnes ikut serta dalam fotogenesis jerawat dengan menghasilkan lipase, yang memecahkan asam lemak bebas dari lipid kulit. Asam lemak ini dapat menimbulkan radang jaringan dan ikut menyebabkan jerawat (Mumpuni, 2010). Biasanya orang mengalami jerawat pada usia 12-25 tahun. Namun, jika tidak diatasi dengan baik, gangguan jerawat dapat menetap hingga usia 40 tahun.

    Penyembuhan jerawat dapat dilakukan dengan berbagai cara yaitu menggunakan bahan kimia dan dapat juga disembuhkan dengan menggunakan bahan-bahan tradisional. Penyembuhan jerawat secara tradisioanal menjadi salah satu pilihan yang baik saat ini untuk mengatasi jerawat. Bahan-bahan tersebut terbukti memberi manfaat yang luar biasa untuk kecantikan kulit wajah. Salah satunya adalah air perasan jeruk nipis dan madu.

    Air dari jeruk nipis yang sangat masam mengandung vitamin C yang bertindak sebagai antioksidan. Jerawat dapat terjadi karena PH kulit dalam kondisi basa. Air perasan jeruk nipis yang masam tersebut dapat mengendalikan PH kulit dalam kondisi basa (asin) menjadi PH asam. Sedangkan, PH asam tersebut dapat menyebabkan bakteri P. acnes tidak dapat bertahan hidup (Mumpuni, 2010). Selain dapat menyembuhkan jerawat, vitamin C yang memiliki ikatan L dalam setiap molekulnya bagus untuk mencerahkan warna kulit (Dewi, 2012). Dengan demikian, air perasan jeruk nipis dapat menjadi obat tradisional dan alami untuk penyembuhan jerawat. Menurut Dewi (2012) Obat jerawat alami yang lain sebenarnya banyak sekali, namun yang teruji secara klinis kebanyakan sejenis jeruk dan buah sebangsanya seperti lemon. Sebagai obat jerawat alami, air perasan jeruk nipis bisa membantu mengurangi iritasi dan pembengkakan kulit dan menetralisir rasa 5 sakit akibat jerawat sehingga membantu menyembuhkan sekaligus memperhalus kulit. Selain dari air perasan jeruk nipis, madu juga dapat menyembuhkan jerawat.

    Menurut Aden (2010) manfaat madu untuk kecantikan yaitu; 1) madu melembutkan bibir, melembabkan dan mencegah bibir mengering atau pecahpecah, 2) madu bisa menghilangkan jerawat, 3) madu menghilangkan noda dan flek hitam diwajah dan mencegah kulit keriput.

    Selain teksturnya yang lembut, kandungan madu sangat kaya akan vitamin, mineral, antioksidan dan potassium yang dapat digunakan sebagai pelembab, penyegar bahkan masker wajah. Karena, “dalam madu terdapat kandungan zat antiseptik yang berguna untuk membunuh bakteri pada wajah yang dapat menyebabkan jerawat semakin meradang. Sedangkan, air jeruk nipis dapat mengurangi minyak pada wajah sehingga dapat mencegah kotoran menempel di wajah” (Wildana 2009: 53-54).

    Hasil penelitian selama 6 hari yang dilakukan oleh Novia (2013) Universitas Negeri Padang, tingkat penyembuhan jerawat yang terbaik ada pada kelompok perlakuan dengan pemanfaatan madu + air perasan jeruk nipis 1 kali sehari sebagai masker. Kemudian terbaik kedua adalah pemanfaatan air perasan jeruk nipis. Kemudian yang ketiga adalah pemanfaatan madu saja, dan yang terakhir kelompok yang hanya perlakuan dengan cuci muka, kedua perlakuan tidak menunjukkan perubahan signifikan pada penyembuhan jerawat. Nah sudah tau manfaatnya kan, yuk kita buat ^^.

    Inilah cara membuat masker dari madu dan jeruk nipis:

    -Siapkanlah madu dan kulit jeruk yang telah dibersihkan.
    -Tuangkan 1 sdt madu ke dalam suatu wadah lalu tambahkan dengan perasan kulit jeruk nipis perbandingan sekitar 1:1.
    -Aduk campuran hingga merata.
    -Sebelum mengoleskannya ke wajah,bersihkan dahulu wajah menggunakan air hangat untuk membuka pori-pori.
    -Setelah itu, oleskan masker para wajah secara merata.
    -Biarkan masker mengering sekitar 15 hingga 30 menit.
    -Kemudian bersihkan wajah menggunakan air dingin untuk menutup kembali pori-pori pada wajah.

     

    Oiya masker madu dan air perasan jeruk nipis ini juga bisa digunakan untuk mencerahkan kulit dan juga bisa dijadikan oleh pria juga lho ^^

    Selamat coba, salam sehat cantik bersama sarang madu murni ya ^^