Blog

Yuk Kita Kenali Manfaat madu Murni

Manfaat Madu sangat banyak untuk kesehatan. Sudah ribuan penelitian di seluruh dunia dilakukan mengkaji mengenai manfaat madu, bahkan sampai saat ini semakin banyak penelitian penelitian yang menemukan manfaat madu untuk melawan bakteri –bakteri  patogen penyebab penyakit bahkan menemukan hal – hal yang tidak terduga. Madu mengandung zat – zat  yang digunakan sebagai obat yang menyembuhkan manusia.

Petunjuk ilmiah ini sebenarnya telah15 abad yang lalu  Allah  azza wa jalla firmankan dalam Al – Qur’an, surat An-Nahl ayat 68-69.  “Dan Rabbmu mewahyukan kepada lebah; “ buatlah sarang – sarang di bukit – bukit dan di tempat – tempat yang dibuat manusia, kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah – buahan dan tempuhlah jalan Rabb Mu yang telah dimudahkan (bagimu).” Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermcam – macam warnanya, didalamnya terdapat obat yang menyembuhkan manusia. Sesungguhnya pada yang demikian terdapat tanda – tanda bagi orang yang memikirkan”.

Madu mengandung dekstrosa dan levulosa dalam jumlah yang tinggi. Menurut Winarno (1982), kadar dekstrosa dan levulosa yang tinggi mudah diserap oleh usus bersama zat – zat organik lain, sehingga dapat bertindak sebagai stimulant bagi pencernaan dan memperbaiki nafsu makan. Selain itu madu juga memiliki sifat anti mikroba. Berdasarkan hasil penelitian Komara (2002), madu memiliki aktifitas senyawa antibakteri terutama pada bakteri Gram (+), yakni bakteri S,Aureus, B.cereus.

Sejak dahulu madu sudah banyak digunakan oleh para ahli kedokteran untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Penyakit yang berhasil disembuhkan antara lain:
- Luka (pasca pembedahan, dibuktikan oleh ahli bedah Rusia, Y.Krintsky),

- Penyakit saluran pernapasan bagian atas, flu, penyakit paru (TBC pulmonary),

- penyakit jantung (Avicena), menurut Winarno (1982), berabad – abad lamanya madu telah digunakan untuk pengobatan penyakit jantung, Otot bekerja tanpa istirahat, karena itu memerlukan dekstrosa sebagai sumber energi untuk menggantikan energi yang hilang.

- penyakit perut dan usus

- penyakit hati,

- penyakit saraf

- dan penyakit kulit

Madu memiliki komponen kimia yang memiliki efek koligemik yakni asetilkolin. Asetilkolin berfungsi untuk melancarkan peredaran darah dan mengurangi tekanan darah. Gula yang terdapat dalam madu akan terserap langsung oleh darah sehingga menghasilkan energi secara cepat bila dibandingkan gula biasa. Jenis Madu biasanya diklasifikasikan berdasarkan sumber nektarnya,

sarangmadumurni.info menyediakan Madu Kaliandra dan Madu Multiflora dari lebah Apis Cerana dan Apis Mellifera.

Secara Khusus, Manfaat Madu Multiflora adalah:

-Meningkatkan daya tahan tubuh

-Menormalkan tekanan darah

-Membuat anak lebih mudah tidur

-Mempercepat penyembuhan Reumatik

-Memperlancar fungsi Otak

-Menyembuhkan Luka bakar

 

Secara Khusus, manfaat Madu Kaliandra adalah :

-Bermanfaat untuk meningkatkan produksi Hormon

-Memperlancar sistem pencernaan

-Mempercepat penyembuhan tekanan darah tinggi

-Membuat tidur nyenyak

-Menyembuhkan Luka Bakar

-Meningkatkan daya tahan Tubuh dan Membantu pengobatan Kanker.

 

Adapun secara umum, manfaat madu murni adalah:

- Madu Murni mengandung bahan yang bisa membunuh bakteri, kekuatan antimikroba dari madu itu lebih kuat dari antibiotik yang dikenal saat ini.

- Madu juga bisa menyembuhkan diare kronis yang tidak mampu diatasi oleh obat-obatan saat ini.

- Mengkonsumsi madu murni secara rutin dalam rentang waktu tertentu juga akan menimbulkan efek kekebalan tubuh dan kebugaran.

- Membersihkan kotoran yang ada di usus pencernaan

- penderita batuk berdahak,

- para lansia (menguatkan daya tahan tubuh),

- orang yang selera makannya rendah.

- Kandungan madu murni sangat beraneka ragam tergantung dari sumber nektar dimana lebah memperolehnya. Namun, darimanapun nektarnya, madu murni merupakan sumber gizi yang lengkap. Madu Murni mengandung Vitamin, Mineral, Protein, Zat hidrat arang, Hormon, Antibiotik dan trace Elemen.

- Membantu mengobati infeksi bakteri dan jamur

- Meningkatkan daya tahab tubuh

- Membantu proses detoksifikasi

- Merangsang pertumbuhan jaringan

- Membantu penyakit kulit yang bersifat basah

- Meningkatkan stamina pria dan wanita

- Membantu proses pertumbuhan pada anak

- Madu murni memiliki sifat dominan lembab dan dingin namun karena madu bersifat adaptogen,

maka pada penyakit dingin, madu akan bersifat panas, pada sindroma panas madu akan bersifat dingin.

- Madu murni juga memiliki sifat higroskopis jadi cocok digunakan sebagai salep pada pasien eksim basah juga yang lainnya.

 

Nah., ternyata banyak ya manfaat madu, sayang banget kalau kita tidak rutin mengkonsumsi madu untuk menjaga kesehatan. Yuk konsumsi madu murni, salam sehat ^^

 

 

sumber: e-jurnal.com dan berbagai sumber