Blog

Ampas sarang madu murni juga ada manfaatnya!

March 18, 2020
/
ARTIKEL sarangmadumurni

Kalau kita makan Sarang Lebah atau bisa juga disebut sarang madu kan ada ampasnya ya. nah, jangan langsung dibuang, ada manfaatnya lho!

Sarang madu mengandung propolis, bee polen dan beragam zat baik lainnya. Karena Itu sarang madu murni juga baik dikonsumsi, caranya seperti konsumsi permen karet, dikunyah hingga sepa dan ada ampasnya.
Ampas sarang madu masih mengandung lilin ynng juga masih ada manfaatnya lho.

Bagaimana lilin lebah terbentuk ??

Lilin lebah diproduksi oleh sarang lebah, yang tersusun atas ester asam lemak dan juga berbagai senyawa alkohol. Secara alami, lilin lebah diproduksi oleh delapan kelenjar lilin yang dimiliki oleh lebah pekerja. Ketika diproduksi, lilin lebah akan menghasilkan warna putih, namun akan berubah warna menjadi kuning dan juga menjadi kecoklatan yang disebabkan oleh campuran dari prolen dan juga propolis lebah.

lilin lebah ataupun yang sering dikenal dengan nama beewax ini meskipun masih kurang familiar di telinga orang banyak, namun ternyata memiliki banyak manfaat, yaitu:

1. Bahan kosmetik

Lilin lebah banyak digunakan sebagai salah satu bahan yang digunakan untuk pembuatan kosmetik. Beberapa pabrik dan juga produsen kosmetik sering memanfaatkan penggunaan lilin lebah dalam setiap produksi dari barang dan juga produk kosmetik serta produk kecantikan yang merka buat dan dijual ke pasaran. Lilin lebah yang terkandung di dalam produk kosmetik memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan dan juga kecantikan dari siapapun yang menggunakan produk kosmetik dan juga produk kecantikan tersebut

2. Mengatasi Masalah Kulit
Beberapa masalah kulit lainnya, seperti kulit yang alergi, gatal-gatal dan mengalami eksim bisa disembuhkan dengan memanfaatkan khasiat pengobatan dari lilin lebah. Anda dapat menggosokkan lilin lebah pada bagian kulit yang mengalami masalah dan juga gangguan kesehatan. Lalu akan sembuh dengan pengobatan yang teratur. Masalah kulit pun akan hilang

Tips memakai ampas sarang madu murni untuk kesehatan kulit:
– ampas sarang madu digosokkan pada bagian kulit yang ingin lebih halus, bisa tangan atau bagian tubuh yang mengalami masalah seperti gatal- gatal atau bekas luka.
-diamkan 10-15 menit
-basuh kulit dengan air bersih untuk membersihkan ampasnya.

3. Sebagai Pelapis Kayu atau furniture kayu jati

Sarang lebah bisa juga jadi pelapis kayu , lho. Cara yang satu ini mungkin masih asing terdengar di telinga. Tapi pelapis ini jitu melindungi kayu dari air.

Umumnya saat ditanya tentang pelapis kayu, orang akan menyebut pelitur atau vernis. Ada, nih, cara tradisional dan alami, non bahan kimia. Pakai sarang lebah . Pelapis dari sarang serangga penghasil madu ini disebut malam madu. Bagaimana cara menjadikannya pelapis kayu ?

– Sisa atau ampas sarang madu yang mengandung lilin ini digosokkan ke permukaan kayu.

Lilin madu ini berkhasiat melindungi kayu dari air. Supaya perlindungannya efektif dan berkelanjutan. Lumuri kayu dengan malam madu secara berkala. Bisa dua minggu sekali atau sebulan sekali. Anda yang memiliki furnitur antik berbahan jati tua, lilin madu paling pas sebagai pelapisnya.

Tak perlu khawatir, lilin madu tidak akan mengubah warna kayu sama sekali. Justru lapisan alami yang satu ini dapat menjaga karakter dan tektur kayu aslinya.

Wow, ternyata sampai ampasnya saja masih ada manfaat nya ya. Gak nyesel deh konsumsi rutin sarang madu murni, manfaat tubuh dan lainnya juga dapet.

Selamat mencoba ya sahabat sarangmadumurni.info ^^

referensi:
-tribunnews
-manfaat(dot)co