Blog

Batuk Menyerang? Yuk bikin ramuan obat Batuk Menggunakan Madu dan Lemon

March 18, 2020
/
ARTIKEL sarangmadumurni

Ada 2 jenis batuk yang umumnya menyerang dan tentunya sama-sama mengganggu. Apa saja? Yuk kita simak:

*Batuk Kering

Menurut kutipan dari stylecraze.com, madu memiliki banyak antioksidan dan penyembuh alami yang sangat baik bahkan sangat aman untuk anak-anak. Campuran antara madu dan perasan jeruk lemon sangat baik meredakan gatal pada tenggorokan. Akan lebih baik lagi jika diseduh dalam air hangat untuk meredakan sakit dan gatal di tenggorokan.
*Batuk berdahak

Batuk berdahak terjadi saat paru paru Anda mengalami infeksi sehingga memproduksi dahak lebih dari kadar normal. Akibatnya, ada dahak di tenggorokan yang keluar ketika Anda batuk. Batuk ialah cara alami tubuh untuk membersihkan saluran pernafasan dari dahak agar bisa bernafas dengan lebih lega.

Umumnya, batuk berdahak disebabkan oleh pilek, sinusitis dan pneumonia, akan tetapi kondisi ini juga bisa menjadi tanda dan gejala penyakit bronkitis kronis, asma dan gagal jantung. Semakin lama batuk menetap, maka semakin tinggi pula resiko Anda mendapat penyakit yang lebih serius. Keadaan ini lebih beresiko terjadi pada perokok dan orang yang mempunyai kekebalan tubuh rendah.

2 jenis batuk tersebut dapat diobati dengan ramuan Madu dengan lemon.

Madu memiliki sifat antibakteri, mampu membunuh bakteri di dalam tubuh penyebab batuk, ditambah dengan jeruk lemon yang kaya vitamin C dan bersifat alkali dalam tubuh. Madu organik apa pun biasanya mengandung zat antivirus dan antibakteri.

Jus lemon mengandung Vitamin C dengan kadar tinggi–air perasan 1 buah jeruk lemon mengandung 51% jumlah Vitamin C yang diperlukan tubuh dalam satu hari. Jus lemon juga mengandung zat antibakteri dan antivirus. Perpaduan antara Vitamin C dan zat antimikrob diyakini membuat lemon sangat ampuh dalam melawan batuk.

Berikut beberapa cara memanfaatkan madu dengan lemon:

Cara 1:
Siapkan madu dan lemon, peras lemon dan masukan ke dalam sendok, lalu campur dengan sedikit madu, lakukan 2 kali sehari.

Cara 2:
Siapkan madu dan lemon, masukan 1–2 sendok madu ke dalam gelas. Setelah itu, ambil perasan air lemon. Tuangkan air hangat dan aduk hingga merata. Minum dengan segera selagi hangat.
Jika tidak ada buah jeruk lemon, bisa juga diganti dengan jeruk nipis. Ambil masing-masing 2 sendok makan madu dan perasan jeruk, kemudian seduh dalam secangkir air hangat.

Cara 3:
Panaskan satu cangkir madu menggunakan api kecil dengan hati-hati. Tambahkan 3-4 sdm air perasan jeruk lemon segar ke dalam madu yang sedang dihangatkan. Tambahkan 1/4 hingga 1/3 cangkir air ke dalam campuran lemon-madu, kemudian aduk sambil terus dimasak di atas api kecil. Simpanlah campuran madu di dalam kulkas. Minumlah 1-2 sdm campuran madu seperlunya ketika membutuhkan obat batuk.

Cara 4:
Irislah 1 buah jeruk lemon yang telah dicuci menjadi potongan-potongan kecil (bersama dengan kulit dan bijinya). Masukkan irisan lemon ke dalam 1 cangkir madu. Panaskan campuran di atas api kecil selama 10 menit sambil tetap diaduk. Remukkan irisan lemon selagi mengaduk. Seusai memasak, saringlah campuran tersebut untuk memisahkan sisa irisan lemon dan simpanlah di dalam kulkas.

Nah, itulah cara memanfaatkan kombinasi madu dan lemon sebagai obat batuk. Selamat mencoba dan semoga cepat sembuh ^^

Salam sehat dari sarangmadumurni.info

Referensi:
-vemale
-wikihow
-beritaharianmu