Blog

Kenali Jenis Madu Yuk

March 2, 2020
/
ARTIKEL sarangmadumurni





Madu  memiliki banyak ragam dan jenis, namun itu semua tergantung dari sumber bunga yang dihisap oleh lebah dan juga habitat dimana mreka tinggal. Sebab madu menghisap dari bunga yang bukan satu jenis saja, tapi ratusan jenis bahkan mungkin ribuan jenis. Dari berbagai jenis bunga tersebutlah tingkat rasa, warna, tekstur maupun manfaat didalam madu menjadi berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Bahkan untuk sekedar mengelompokkan jenis-jenis madu tersebut bukanlah pekerjaan yang mudah, sebab Jenis jenis Madu ada banyak sekali.

Bahkan para ilmuan sampai sekarang belum tahu persis apa yang menyebabkan perbedaan warna pada setiap Jenis jenis Madu. Namun warna pada Jenis jenis Madu tersebut juga mengikuti dengan sumber bunga yang dihisap oleh para lebah.Yang terpenting adalah Jenis jenis Madu tersebut adalah hasil alam yang sangat bermanfaat dan tidak berdampak buruk bagi kesehatan manusia.

Berdasarkan sumber bunga (nectar), madu dibedakan menjadi 2, yakni madu monoflora dan multiflora. Madu yang berasal dari satu jenis tanaman, missal madu randu dan madu kelengkeng. Madu randu adalah mau yang dihasilkan oleh lebah yang mengkonsumsi nektar dari tanaman randu. Madu kelengkeng adalah madu yang dihasilkan oleh lebah yang mengkonsusmi nectar tanaman kelengkeng.

Madu monoflora berasal dari satu jenis nectar atau didominasi oleh satu nectar.

Madu multiflora adalah madu yang berasal dari berjenis-jenis tanaman, sebagai contoh madu hutan dari lebah yang mendapatkan nectar dari beberapa jenis tanaman.

 

Madu juga dapat dibagi menurut asal nektar, maupun menurut bentuk madu yang lazim terdapat dalam istilah pemasaran. Berbagai jenis madu dapat dihasilkan dari berbagai sumber nektar yang dikenal sebagai madu flora, madu ekstra flora serta madu embun (honey dew honey).

– Madu flora dihasilkan dari nektar bunga. Bila nektar tersebut berasal dari beranekaragam bunga, maka madu yang dihasilkan disebut madu poliflora dan bila dari satu jenis tanaman disebut madu monoflora.

– Madu ekstra flora, madu yang dihasilkan dari nektar yang terdapat di luar bunga yaitu dari bagian tanaman lain, seperti daun, cabang dan batang.

– Madu embun dihasilkan dari cairan hasil sekresi serangga famili Lechanidae, Psyllidae atau Lechnidae yang diletakkan eksudatnya pada bagian-bagian tanaman. Cairan ini kemudian dihisap dan dikumpulkan oleh lebah madu di dalam bagian tertentu yang disebut sarang madu.

Disamping itu masih ditemui beberapa jenis madu, misalnya madu sisir (comb honey) yaitu madu yang dipasarkan beserta sisir sarang madu. Madu cair dan madu bergranula (berkristal). Madu bergranulasi ini juga sering disebut “creamed honey

Di Indonesia, jenis madu yang dipasarkan sering diberi nama menurut asalnya, misalnya madu Sumba, madu Sumbawa, madu Lampung, dan sebagainya.

 

Madu yang diekspor Prancis biasanya madu yang sangat spesial mutunya. Langganan madu Perancis tersebut adalah Jerman Barat dan Swiss yaitu jenis madu calluna. Madu lain yang berbau sangat harum yaitu madu “jura mountain”. Madu ini mempunyai sumber nektar dari jenis tanaman rape, acacia, pine dan fir (jura) dan tanaman yang aromatis seperti lavender, rosemary, thyme, dan calluna. Warna madu tersebut dapat bervariasi dari terang sampai sangat gelap (dark amber) pada madu calluna sampai putih (rape, acacia).

Jenis madu Meksiko mempunyai mutu sangat tinggi dan yang paling dikenal sangat baik adalah jenis madu yukatan. Nama tersebut berasal dari asal madunya yaitu Yukatan Peninsula. Warna madu ini bervariasi dari yang berwarna terang sampai “light amber”. Di Eropa madu Meksiko digunakan sebagai madu meja sedang di Amerika untuk madu industri.

Madu Argentina biasanya berwarna putih, madu tersebut berasal dari nektar alfalfa, white clover dan thestle.

Hongaria dan Rumania serta Bulgaria merupakan negara pengekspor utama madu yang terkenal bermutu tinggi, madu tersebut biasanya berasal dari madu bunga acacia. Madu-madu tersebut pasaran baik di Eropa Barat dan Jepang.

 

Sekarang sudah tau kan jenis – jenis madu? Jangan ragu pilih Madu murni dari sarangmadumurni.info ^^

 

Sumber literatur: Jurnal Madu jeni dan Penggunaannya, Tekonologi Pangan UNIMUS