Blog

Kenapa Rasa dan Warna Madu bisa Berbeda?

March 18, 2020
/
ARTIKEL sarangmadumurni

Beberapa madu yang diproduksi oleh lebah memiliki tekstur dan warna yang berbeda, walau semua madu memiliki kandungan dan manfaat yang sama secara umum masih memiliki manfaat khusus lain yang berbeda dari warna dan rasanya. Madu murni alami merupakan kualitas madu yang dihasilkan langsung dari lebah madu tanpa menambah dengan bahan lain sehingga rasanya masih segar dan alami. Berbeda pada madu tiruan yang sudah dicampur dengan air dan gula buatan. Banyak jenis lebah madu yang menghasilkan madu juga itu beberapa faktor awal mengapa madu alam biasanya ada perbedaan warna dan rasanya. Yuk kita simak mengapa ini bisa terjadi dan alasan warnanya bisa saling berbeda.

*Nektar Bunga Yang Berbeda

Lebah madu memang tidak melihat bunga apa saja yang didatangi, pokoknya yang mengandung nektar yang berasa manis. Walau anda sudah pernah ada komposisi rasa pahit dalam madu walau ditutupi oleh rasa manis yang berlebih. Rahasianya adalah madu diambil dari bunga yang berbeda, bisa bunga kamboja, bisa bunga mangga, bunga kelengkeng, atau bunga buah lainnya. Kini anda paham mengapa warna dan teksturnya bisa berbeda tersebut.
Warna nektar pada bunga juga menjadi acuan mengapa warna madu yang dihasilkan ada yang gelap dan ada yang cair. Berbeda jenis lebah madu juga berbeda warna dan rasa yang dihasilkan. Tergantung lebah madu dominan mengambil nektar dari bunga yang mana sehingga rasanya juga dipengaruhi. Beberapa rasa yang sering kita coba pada madu adalah manis, asam, sepat, pahit walau rasa yang dominan adalah manis yang berlebih.

*Jenis Madu Berdasarkan Warna Dan Rasa

Berikut ini menerangkan anda bagaimana warna madu dan rasa yang dihasilkan tersebut dari warnanya saja. Madu yang dikumpulkan ke sarang secara penuh kemudian dipanen oleh pembudidaya atau pemburu madu hutan lalu mengumpulkannya menjadi satu. Dari pengumpulan madu tersebut bisa didapat warna yang berbeda – beda.

~Madu Coklat

Ada madu yang berwarna coklat yang biasa dikonsumsi oleh banyak orang menjadi bahan utama dalam obat tradisional. Madu tersebut mengandung banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Warnanya yang lebih gelap dari madu lain juga memiliki kekentalan yang tinggi. Biasanya nektar diambil dari bunga yang berukuran lebih kecil. Tidak hanya dari nektar saja sebetulnya, pasti lebah madu akan mengincar makanan atau buah yang mengandung rasa manis. Sering anda menemukan lebah di pasar mengambil sari dari buah mangga atau gula.

~Madu Sedang Coklat

Ada juga madu yang berwarna coklat tetapi agak terang, madu ini dihasilkan dari campuran banyak nektar bunga yang ada di sekitar sarang. Madu ini merupakan sintetis alami dari lebah madu sebagai makanan utama pada lebah bayi. Inilah yang menjadikan warnanya menjadi gelap karena juga banyak mengandung senyawa yang baik juga untuk kehidupan. Tekstur madu ini tetap kental dengan aroma yang khas madu yang manis.

~Madu Kekuningan

Madu ini yang banyak diproduksi oleh pembudidaya lebah madu karena merupakan madu standart yang memiliki kandungan cukup banyak nutrisi. Jika anda mencium baunya saja sudah terasa bahwa madu tersebut alami dan manis rasanya. Banyak kandungan gizi dalam madu tersebut dari vitamin, mineral, zat antibodi, sampai zat antibakteri.

~Madu Putih

Ada juga madu yang berwarna putih. Madu ini merupakan campuran dari madu biasa dan royal jelly. Royal jelly merupakan makanan untuk larva dan ratu dari lebah madu tersebut dengan warna dominan putih. Itu disebabkan karena royal jelly terbuat dari serbuk sari yang dicampurkan dengan madu dan masih mengalami proses kimia dalam mulut lebah tersebut sehingga terjadilah madu yang berwarna putih. Memang sedikit lebih mahal karena madu ini sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan kecantikan.
Itulah kenapa Rasa dan Warna Madu bisa berbeda tiap jenis nya ^^

Sumber: google.com