Blog

Madu untuk perkembangan dan kesehatan otak

March 18, 2020
/
ARTIKEL sarangmadumurni

Otak sebagai “mesin” pengatur kerja tubuh tentu mesti sangay dijaga perkembangannya pada anak, dan bagi orang dewasa mesti menjaga kesehatan otak.

Ada 7 jenis nutrisi penting yang turut mempengaruhi perkembangan otak, yaitu

1. DHA
DHA atau singkatan dari Docosahexaenoic acid adalah komponen gizi yang sangat penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak pada bayi. Pada orang dewasa, DHA diperlukan untuk menjaga agar otak dapat terus berfungsi dengan normal. Berbagai penelitian menemukan bahwa defisiensi DHA memiliki kaitan dengan menurunnya kemampuan belajar.

2.  AA
AA adalah singkatan dari Arachidonic acid, salah satu jenis asam lemak tak jenuh yang mendukung pembentukan otak, jaringan saraf, jaringan penglihatan, serta membantu pembentukan sistem imun pada bayi.

 3.Kolin
Kolin adalah zat yang bertugas mendukung perkembangan fungsi otak dan meningkatkan fungsi daya ingat.

4. Asam Linoleat (Omega 6)
Asam Linoleat merupakan asam lemak omega 6 yang merupakan unsur penting untuk mendukung fungsi otak. Asam linoleat memiliki peranan penting dalam pembentukan membran sel otak dan merupakan bagian penting dari enzim yang terdapat di dalam membran sel untuk mengedarkan nutrisi penting ke dalam dan keluar sel.

5.  Asam Alfa Linolenat (Omega 3)
Asam lemak esensial ini baik untuk pembentukan DHA. Asam Alfa Linolenat yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh ini juga merupakan salah satu komponen pembentuk otak.

 6. Zat Besi
Zat besi berperan penting dalam perkembangan sistem saraf. Kekurangan zat besi dapat memengaruhi fungsi kognitif dan tingkah laku.

7. Vitamin A
Anak balita membutuhkan asupan vitamin A yang cukup untuk mendukung pertumbuhan sel dan jaringan di tubuhnya. Selain itu, vitamin A juga penting untuk mendukung fungsi penglihatan.

Dari 7 nutrisi yang dibutuhkan otak, madu sudah memenuhi sebagian besar nutrisi. Madu yang dihasilkan oleh lebah ini menjadi pemanis alami yang sangat dikenal oleh Masyarakat. Madu mengandung berbagai vitamin seperti Vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, D , K, E, mineral serta zat besi dan zink. Kandungan yang banyak terdapat glukosa, fruktosa dan berisi vitamin B, magnesium, fosor, kalsium, dan antioksidan ini baik untuk keshatan otak.
Adanya kandungan fruktosa, zat pemanis pada madu‌ ini dapat meningkatkan energi dalam tubuh sehingga madu dapat melindungi otak dari cacat mental.
Selain itu madu juga mengandung protein, hormone, antiseptic dan enzim yang mampu meningkatkan daya ingat dan kecerdasan mental.

Yuk, rutin konsumsi madu murni dari sarangmadumurni untuk perkembangan otak anak dan kesehatan otak kita ^^

Referensi:
lifestyle.Sindonews
-wyeth nutrition